ABOUT US  

PRODUCTS  

NEWS & EVENT   

DISTRIBUTION   

OPPURTUNITY   

TESTIMONI  

TIPS   
 
29 Mei 2019 15:23
TIPS MUDIK ALA SINNOB 2019

TIPS MUDIK BERMOTOR ALA SINNOB
Musim mudik sudah menjadi tradisi di Negara kita, bagi anda pengendara motor yang akan mudik ke kampung halaman, berikut ada tips ringan yang bisa anda gunakan dan semoga bermanfaat.

1. Cek Kondisi Motor
Sebaiknya motor sebelum diajak mudik dilakukan service ke bengkel langganan anda. Periksa keadaan motor dengan baik. Periksa oli, cek air radiator, dan semua cairan-cairan yang terdapat di motor, seperti minyak rem, rantai, cek bagian kaki-kaki termasuk laher roda, kondisi ban cek alur kedalaman ban, jika ban botak segera ganti, dan juga cek tekanan ban sebelum berangkat.

2. Cek Kelengkapan Surat-Surat
Cek semua kelengkapan surat-surat Anda, seperti STNK dan SIM. Pastikan Anda tidak akan terganggu dengan beberapa razia yang dilakukan polisi di perjalanan dengan melengkapi surat-surat tersebut.

3. Gunakan Kelengkapan Safety Gear Berkendara
Lengkapi diri anda dengan Helm SNI direkomendasikan Full Face, sarung tangan, Jaket yang memiliki bahan yang tebal, dengan sistem ventilasi udara yang baik. Pakailah tambahan pelindung dada jika jaket anda terlalu tipis bagian depannya. Sepatu jika ada khusus untuk turing, jangan menggunakan sendal. Kelengkapan berkendara juga penting untuk diperhatikan. Contohnya helm SNI, jaket, sepatu, sarung tangan, dan pelindung dada.

4. Tidak Perlu Membawa Barang Berlebihan
Jangan membawa barang terlalu banyak, karena akan membahayakan anda dan orang lain. Barang yang terlalu banyak juga akan menyulitkan Anda saat mengendarai motor. Tak hanya itu, tidak disarankan untuk berboncengan lebih dari dua orang. Sebisa mungkin Anda membawa barang seperlunya saja agar tidak kerepotan dan menggangu perjalanan Anda.

5. Istirahat
Setiap 2 atau max 3 jam sekali, Anda harus beristirahat untuk mengembalikan stamina tubuh Anda dan konsentrasi. Meski belum begitu lelah, usahakan Anda berhenti sejenak untuk sekedar bersantai.
Saat istirahat, makanlah makanan yang tidak terlalu banyak mengandung karbohidrat karena sifat makanan ini akan membuat anda mengantuk. Jika diperlukan minumlah minuman suplemen penambah energi. Usahakan makan buah-buahan yang mudah dicerna oleh tubuh dan cepat menjadi energi, seperti pisang, dan minuman teh manis hangat.
Usahakan banyak minum air putih, karena badan kita akan cepat kehabisan cairan saat kita berkedara disiang hari.

6. Berangkat Bersama Rombongan
Anda juga disarankan berangkat bersama dengan rombongan sesama pemudik motor. Ini untuk mencegah terjadinya aksi kejahatan di jalanan apalagi musim begal dan geng motor bro. Juga, apabila terjadi masalah lain di jalan, akan ada yang dimintai pertolongan.
Selalu informasikan posisi anda ke keluarga atau teman dekat anda, atau melalui sosial media, hal ini jika ada masalah dijalan anda mudah dimonitoring dan mudah dibantu teman-teman anda. Tapi jangan kebanyakan narsisnya bro saat posting di sosmed...hehehe...

7. Dilarang Ngebut
Jangan memacu kendaraan Anda dengan kecepatan tinggi karena akan membahayakan orang lain dan diri Anda sendiri. Berkendaralah dengan tenang, santai, tidak terburu-buru. Biar pelan asal selamat dan tetap waspada terhadap lingkungan (pengendara lainnya). Direkomendasikan kecepatan antara 90-80 Km/jam. Tidak disarankan diatas 100 Km/jam.

Ingat, Jangan lupa berdoa sebelum berkendara... keluarga tengah menunggu anda. Utamakan keselamatan, Kami team Sinnob mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin...